eprintid: 39408 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/94/08 datestamp: 2020-05-27 02:38:20 lastmod: 2020-05-27 02:38:20 status_changed: 2020-05-27 02:38:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Doli Habibi Wijaya Panjaitan, NIM. 16410010 title: PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG RELIGIUS ispublished: pub subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Akidah Akhlak, Pembentukan karakter note: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa indikator keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Akan tetapi kenyataannya bahwa pembelajaran pendidikan agama islam masih kurang diminati oleh siswa. Akidah akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama islam yang lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusian yang hendak ditanamkan dan ditumbuh kembangkan kedalam peserta didik. Pembelajaran menonnton atau kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dianggap menjenuhkan serta tidak menyenangkan bagi siswa, merupakan salah satu penyebab siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bantul belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran aktif serta menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan mengambil latar MTsN 2 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data diambil dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bantul kurang menyenangkan dikarenakan metode dalam pembelajaran akidah akhlak masih menonton yaitu bercerita dan tanya jawab, sehingga banyak murid yang terkadang tidur saat pembelajaran. 2) Guru belum maksimal dalam menerapkan strategi-strategi belajar aktif karena kurang inovatif atau pemahaman terhadap strategi itu sendiri. 3) Media yang digunakan tidak bervariasi hanya media yang ada dikelas, kurangnya inisiatif untuk mengajak murid belajar diluar kelas atau memanfaatkan sarana sekolah sebagai pembelajaran yang aktif dan menarik. date: 2020-03-10 date_type: published pages: 215 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Doli Habibi Wijaya Panjaitan, NIM. 16410010 (2020) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG RELIGIUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39408/1/16410010_%20BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39408/2/16410010_%20BAB%20II_%20BAB%20III.pdf