%A NIM. 16410093 Hanif Miftahudin
%O Dr. Muqowim, M.Ag.,
%T PERAN SEKOLAH DAN ORANG TUA
DALAM UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN
SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MI SULTAN AGUNG
%X Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti tentang
pendidikan spiritual oleh MI Sultan Agung dan orang tua yang
bekerjasama dengan sekolah dalam upaya meningkatkan
kecerdasan spiritual peserta didik. Hal ini merupakan upaya
untuk mencegah dan membentengi anak-anak agar tidak terbawa
arus globalisasi yang membawa pengaruh buruk terhadap
spiritualitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran MI Sultan Agung dalam upaya meningkatkan
kecerdasan spiritual peserta didik dan sejauhmana peran orang
tua dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual anaknya.
Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat keadaan riil
di lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu
penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan
memaparkan objek yang sebenarnya di lapangan. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, guru, peserta didik dan 6
anggota keluarga yang dipilih secara purposive sampling. Untuk
mengolah data peneliti menggunakan analisis reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan
data menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendidikan spiritual
yang dilakukan di sekolah melalui berbagai cara baik dari peran
kepala sekolah, peran pendidik, program-program dan
kurikulum yang diterapkan di MI Sultan Agung. Programprogram
yang berkaitan dengan pendidikan spiritual di MI
Sultan Agung yaitu pembiasaan ibadah pagi (sholat dhuha
berjamaah, membaca asmaul husna dan membaca surah yasin),
sholat dzuhur berjamaah, Baca Tulis Alquran , Tahfidz, Qiroah,
xi
Kaligrafi, Hadroh dan untuk melakukan kerjasama dengan orang
tua MI Sultan Agung mempunyai program unggulan yang
dinamakan paguyuban. Pendidikan spiritual terhadap anak tidak
akan berhasil apabila tidak ada kerjasama yang baik antara
sekolah dan orang tua. Berdasarkan penemuan yang peneliti
temukan dalam mendidik anak, orang tua memiliki ragam
pendidikan yang berbeda-beda baik dalam 1. Mendidik dasar
ketuhanan dan keimanan 2. Menjalankan kewajiban beragama 3.
Menanamkan perilaku kasih sayang 4. Menanamkan perilaku
empati 5. Mengajarkan indahnya berbagi 6. Mengajarkan rasa
syukur 7. Mendisiplinkan 8. Melindungi anak.
%K Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Spiritual,
Sekolah, Orang Tua.
%D 2020
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib39413