%A NIM. 15410014 AKHMAD SANUSI %O Dr. Eva Latipah, M.Si. %T PENGEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa konsep diri memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, karena merupakan suatu penilaian terhadap kemampuannya dalam belajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan pentingnya siswa dalam meningkatkan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta memiliki konsep diri rendah dan mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam mengembangkan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor penyebab siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta memiliki konsep diri rendah adalah karena keadaan fisik, lingkungan sosial, kondisi keluarga, reaksi orang lain terhadap individu, kompetensi, jenis kelamin dan status sosial ekonomi, pengalaman, orang-orang terdekat dengan individu, dan faktor konten-konten negatif internet. Upaya guru PAI mengembangkan konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta dalam pembelajaran PAI yakni mendorong siswa untuk percaya diri, melalui penggunaan metode pembelajaran yang beragam dan memberikan punishment (hukuman) sebagai reinforcement (penguatan) terhadap perilaku siswa yang tidak baik. %K Konsep Diri, Pembelajaran PAI %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib39415