%0 Thesis %9 Skripsi %A SILVIA CAESAR DAMARYANTI, NIM. 16490040 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:39417 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K penyesuaian diri, motivasi belajar siswa, kepuasan penerapan sistem kredit semester. %P 177 %T HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN KEPUASAN PENERAPAN SISTEM KREDIT %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39417/ %X Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan kontribusi variabel penyesuaian diri ( ) yang dimediasi oleh variable motivasi belajar siswa ( ) dengan kepuasan penerapan system kredit semester (Y). Penelitian pada skripsi ini didasarkan oleh teori Scheneiders yang menyatakan bahwa faktor penyesuaian diri memiliki peran dalam meningkatkan motivasi terhadap penerapan program pembelajaran. Penelitian skripsi ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dengan didasarkan pada formula Slovin didapatkan sampel sebanyak 280 siswa (30.3%) dari populasi sejumlah 923 siswa. Dengan jumlah sampel sebenarnya sebesar 283 siswa dikarenakan sampel pada rumus Slovin untuk menentukan besaran sampel minimal. Teknik pengambilan sampel menggunakan kaidah random sampling dengan bantuan random table. Variabel independent pada penelitian ini ialah penyesuaian diri ( ), sedangkan variabel dependent ialah kepuasan penerapan sistem kredit semester (Y) dan variabel kontrol ialah motivasi belajar siswa ( ). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Social Sciences). Hasil uji korelasi bivariat antara penyesuaian diri (variabel X) dan penerapan sistem kredit semester (variabel Y) menunjukkan nilai koefisien korelasi bivariat sebesar 0.437 dan angka signifikansi 0.000 < α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan linier antara penyesuaian diri dengan kepuasan penerapan sistem kredit semester pada kategori sedang. Namun pada hasil uji korelasi parsial variabel penyesuaian diri berpengaruh terhadap variabel kepuasan penerapan sistem kredit semester karena dimediasi dengan variabel motivasi belajar siswa. Koefisien korelasi parsial sebesar 0.192 xiii dengan angka signifikansi 0.001 < α = 0.05. Dengan perbandingan antara koefisien korelasi bivariat dan korelasi parsial yaitu ( ) > ( ) = 0.437 > 0.192. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa pada awalnya, penyesuaian diri pada uji korelasi bivariat berhubungan linier dengan kepuasan penerapan sistem kredit semester. Setelah dilakukan korelasi parsial, diketahui bahwa penyesuaian diri berhubungan dengan penerapan sistem kredit semester karena dimediasi oleh motivasi belajar siswa. Sehingga kata kunci kepuasan penerapan sistem kredit semester adalah motivasi belajar dan penyesuaian diri harus ada pada siswa. %Z Rinduan Zain, S.Ag., MA