TY - THES N1 - Rinduan Zain, S.Ag., MA ID - digilib39417 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39417/ A1 - SILVIA CAESAR DAMARYANTI, NIM. 16490040 Y1 - 2020/02/25/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan kontribusi variabel penyesuaian diri ( ) yang dimediasi oleh variable motivasi belajar siswa ( ) dengan kepuasan penerapan system kredit semester (Y). Penelitian pada skripsi ini didasarkan oleh teori Scheneiders yang menyatakan bahwa faktor penyesuaian diri memiliki peran dalam meningkatkan motivasi terhadap penerapan program pembelajaran. Penelitian skripsi ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dengan didasarkan pada formula Slovin didapatkan sampel sebanyak 280 siswa (30.3%) dari populasi sejumlah 923 siswa. Dengan jumlah sampel sebenarnya sebesar 283 siswa dikarenakan sampel pada rumus Slovin untuk menentukan besaran sampel minimal. Teknik pengambilan sampel menggunakan kaidah random sampling dengan bantuan random table. Variabel independent pada penelitian ini ialah penyesuaian diri ( ), sedangkan variabel dependent ialah kepuasan penerapan sistem kredit semester (Y) dan variabel kontrol ialah motivasi belajar siswa ( ). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Social Sciences). Hasil uji korelasi bivariat antara penyesuaian diri (variabel X) dan penerapan sistem kredit semester (variabel Y) menunjukkan nilai koefisien korelasi bivariat sebesar 0.437 dan angka signifikansi 0.000 < ? = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan linier antara penyesuaian diri dengan kepuasan penerapan sistem kredit semester pada kategori sedang. Namun pada hasil uji korelasi parsial variabel penyesuaian diri berpengaruh terhadap variabel kepuasan penerapan sistem kredit semester karena dimediasi dengan variabel motivasi belajar siswa. Koefisien korelasi parsial sebesar 0.192 xiii dengan angka signifikansi 0.001 < ? = 0.05. Dengan perbandingan antara koefisien korelasi bivariat dan korelasi parsial yaitu ( ) > ( ) = 0.437 > 0.192. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa pada awalnya, penyesuaian diri pada uji korelasi bivariat berhubungan linier dengan kepuasan penerapan sistem kredit semester. Setelah dilakukan korelasi parsial, diketahui bahwa penyesuaian diri berhubungan dengan penerapan sistem kredit semester karena dimediasi oleh motivasi belajar siswa. Sehingga kata kunci kepuasan penerapan sistem kredit semester adalah motivasi belajar dan penyesuaian diri harus ada pada siswa. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - penyesuaian diri KW - motivasi belajar siswa KW - kepuasan penerapan sistem kredit semester. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN KEPUASAN PENERAPAN SISTEM KREDIT AV - restricted EP - 177 ER -