TY - THES N1 - Dr. Nur Saidah, M.Ag ID - digilib39419 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39419/ A1 - MUHAMMAD ALI ROMDHONI, NIM : 15410041 Y1 - 2020/02/20/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan merupakan sebuah kelembagaan atau organisasi yang memiliki fokus pada pembelajaran til?watil qur??n. Dalam kaitannya dengan membaca al-Qur?an, pembaca dianjurkan menggunakan nada dan suara yang bagus ketika membacanya, serta memperhatikan kaidah membaca sesuai dengan tajw?d, f??a?ah, dan makh?rijul hur?f. Namun, selama ini pembelajaran til?watil qur??n hanya dianggap sebagai seni saja, tanpa adanya kesadaran terhadap nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan Islam seringkali dilupakan sehingga banyak peserta didik yang tidak dapat mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah proses dan keteguhan hati dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam pembelajaran til?watil qur??n tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kasus. Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data dilkukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran til?watil qur??n di Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan sebanyak tiga kali dalam satu minggu dan diikuti oleh anggota Divisi Tilawah dan kalangan umum non anggota. Pembelajaran dilakukan secara teoritik maupun praktik. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dan diaplikasikan pada pembelajaran til?watil qur??n di Divisi Tilawah UKM JQH al- Mizan meliputi: nilai ?Abdill?h (taqwa, ikhl??, tawakal, sabar, dan istiq?mah) dan Kh?l?fah (silaturrah?m, persamaan atau adil, rendah hati, dan berbaik sangka). (3) Hasil atau implikasi dari pembelajaran til?watil qur??n ini dilihat dapat melatih ketaqwaan, melatih sikap ikhl??, melatih sikap tawakkal, melatih kesabaran, melatih istiq?mah, membiasakan silaturrah?m, melatih sikap persamaan atau adil, melatih sikap berbaik sangka, dan melatih siikap rendah hati. Secara keseluruhan, pembiasaan praktik til?watil qur??n sangat diperlukan agar dapat melatih dan memperkuat nilai-nilai pendidikan Islam pada diri anggota Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Nilai-Nilai Pendidikan Islam KW - Pembelajaran Til?watil Qur??n KW - Divisi Tilawah UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TIL?WATIL QUR??N (Studi Kasus di Divisi Tilawah Unit Kegiatan Mahasiswa Jam?iyyah Al-Qurr?? wa Al-Huff?? Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga AV - restricted ER -