TY - THES N1 - Drs. Nur Hamidi, MA. ID - digilib39432 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39432/ A1 - Vivi Dwi Fatimatul Azizah, NIM. 16410081 Y1 - 2020/03/11/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah Afeksi merupakan ranah yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian dalam Pendidikan Agama Islam karena inti Pendidikan Agama Islam di sekolah maupun di madrasah ialah mengantarkan peserta didik yang mampu menguasai pengetahuan agama Islam dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, melalui program afeksi SMP Negeri 9 Yogyakarta bertujuan menumbuh kembangkan IMTAQ peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui latar belakang SMP Negeri 9 Yogyakarta menerapkan program afeksi dalam Pendidikan Agama Islam, 2) mengetahui pelaksanaan program afeksi dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta, 3) mengetahui hasil dari pelaksanaan program afeksi dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini berjenis field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dengan tiga alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perilaku peserta didik yang tidak menggambarkan IMTAQ dan minimnya waktu pembelajaran PAI membuat sekolah berinisiatif untuk membuat program afeksi berupa Religious Culture dan Social Worker dengan tujuan menciptakan peserta didik berkahlak mulia, 2) program ini dilaksanakan melalui pembiasaan dan peneladanan berupa kegiatan keagamaan yaitu: berbusana muslimah, salaman pagi, tadarus al-quran, hafalan juz ?amma, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, salat jamaah zuhur dan asar, salat jumat, infaq jumat, bakti sosial, kajian Islam siang, zakat fitrah, kajian xi keputrian, manasik haji, khotmil quran dan doa bersama, buka puasa bersama, pesantren Ramadhan, Perayaan Hari Besar Islam, pembekalan peserta didik kelas IX menjelang USEK-UN, pengajian guru dan TU, pengajian kelas dan kajian ahad pagi bersama wali/orangtua peserta didik. Selain itu terdapat pula kegiatan mandiri peserta didik yang dapat diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat. 3) kegiatan program ini dievaluasi setiap semester dengan melalui instrumen evaluasi pembelajaran ranah afeksi. Program ini menghasilkan peserta didik yang memiliki keterpaduan sistem nilai yang mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah lakunya, terlihat dari perilaku peserta didik berupa sopan santu, ramah, melaksanakan kewajiban dan sunnah, serta kesadarnnya untuk mengikuti segala rangkaian kegiatan-kegiatan program afeksi dalam Pendidikan Agama Islam. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dari program ini ialah kesadaran seluruh warga sekolah dan fasilitas sekolah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Program Afeksi KW - Pendidikan Agama Islam. M1 - skripsi TI - PELAKSANAAN PROGRAM AFEKSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA AV - restricted ER -