relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3946/ title: TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM ADVERTISING PAID TO CLICK (PTC) DAN PAID TO READ (PTR) creator: AHMAD ZAKI ALAWI - NIM. 02381361, subject: Perdata Islam subject: Hukum Islam description: Kemajuan internet membawa banyak kemudahan bagi manusia. Internet mampu menjangkau segala hal yang pada mulanya sulit untuk di jangkau. Kemajuan dalam internet ini juga memudahkan segala bentuk usaha bisnis, mulai dari pengenalan produk, promosi atau periklanan, transaksi, dll. Banyak dijumpai dalam internet program-program afiliasi yang menawarkan penghasilan tambahan yang sangat menggiurkan. Salah satnya yaitu hanya dengan membaca e-mail atau PTR (paid to read) dan mengklik iklan PTC (paid to click) maka seseorang akan memperoleh bayaran dalam kurs dollar yang masuk kedalam rekening online mereka. Penelitian skripsi ini akan membahas tentang Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Paid To Click (PTC) Dan Paid To Read (PTR) . Yaitu status uang yang diperoleh dalam program affiliasi ini, sesuai atau tidak dengan konsep muamalat dalam hukum Islam. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menilai apakah akad pada system PTC dan PTR sesuai atau tidak dengan hukum Islam, kemudian menentukan status program PTC ditunjau dari segi maslahatnya. Sistem pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini didapat dengan studi literatur dari berbagai buku dan e-book tentang PTC, serta artikel yang ada pada web atau blog yang membahas tentang PTC. Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa akad yang terjadi dalam program PTC antara pihak pengelola web PTC atau admin PTC dengan calon member yang mendaftar pada program tersebut tidak memenuhi syarat dan rukun akad yang terdapat pada fikih muamalat, maka transaksi dikatakan tidak sah karena akad yang terjadi tidak dapat melindungi pihak-pihak yang berkaitan sehingga akad menjadi batal. Kemudian tinjauan hukum Islam pada program PTC berdasarkan prinsip kemaslahatan, menyatakan bahwa pada program PTC tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam, karena terdapat banyak kecurangan-kecurangan yang dapat merugikan salah satu pihak. date: 2010-03-09 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3946/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3946/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: AHMAD ZAKI ALAWI - NIM. 02381361, (2010) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM ADVERTISING PAID TO CLICK (PTC) DAN PAID TO READ (PTR). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.