eprintid: 39471 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/94/71 datestamp: 2020-06-08 07:25:51 lastmod: 2020-06-08 07:25:51 status_changed: 2020-06-08 07:25:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septi Andriyani, NIM : 16480049 title: IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS I MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: metode Qiraati, pembelajaran al-Qur’an, kemampuan membaca al-Qur’a note: Drs. H. Mangun Budiyanto, M. Si., abstract: Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an pada siswa kelas I MI Sultan Agung Yogyakarta? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajran al-Qur‟an menggunakan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an pada siswa kelas I MI Sultan Agung Yogyakarta? (3) Bagaimana hasil Pembelajran al-Qur‟an menggunakan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an pada siswa kelas I MI Sultan Agung Yogyakarta? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi dari kegiatan pembelajaran al-Qur‟an menggunakan metode Qiraati, hasil wawancara kepada subjek yang terkait antara lain kepala sekolah, pengajar Qiraati, Wali Kelas, siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran dan data dokumentasi pencapaian membaca al-Qur‟an. Hasil dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan metode Qiraati dalam pembelajaran al-Qur‟an di kelas I sesuai dengan kurikulum yang berpusat pada Raudhatul Mujawwidin yang meliputi: 1) Rencana pembelajaran, yaitu meliputi komponen pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut yaitu tujuan pembelajaran, materi, metode dan media, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan evaluasi berupa evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. 2) Faktor pendukung penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa pada pelaksanaan pembelajaran adalah pengajar, usia dan latar belakang siswa, dan adanya pelatihan metodologi Qiraati. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya jumlah pengajar, berganti-gantinya ustadzah kelas, sikap siswa yang selalu ingin bermain, serta orang tua yang kurang perhatian dalam pendampingan mengaji di rumah. 3) Penerapan metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa kelas I MI Sultan Agung, menunjukkan lebih dari setengah siswa dari 55 jumlah keseluruhan siswa terdapat 29 siswa yang telah mencapai jilid 2 A dan 7 siswa mencapai jilid 2 B. jumlah siswa yang mencapai target, yaitu 36 siswa. adapun jumlah presentase keberhasilannya yaitu 64 date: 2020-02-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Septi Andriyani, NIM : 16480049 (2020) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS I MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39471/1/16480049_bab%20I_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39471/2/16480049_BAB%20II%20%2C%20BAB%20III%20DAN%20BAB%20IV.pdf