relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39473/ title: PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI SD ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 creator: DEWI RUKMANA, NIM: 16480008 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur‟an Kelas V di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan, (2) bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan metode Ummi kelas V di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan, (3) bagaimana hasil penerapakan metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur‟an bagi Kelas V di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan. Desain penelitian ini adalah desain kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan apa adanya mengenai gambaran umum penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur‟an bagi peserta didik kelas V di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa 1) penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur‟an bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa setelah peserta didik lulus sekolah mampu membaca maupun menghafal Al-Qur‟an dengan tartil yang mengedepankan ilmu tajwid dan makhorijul huruf melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi yaitu fasilitas sarana prasarana, alokasi waktu yang cukup, guru Ummi yang berkompeten, fasilitas khusus ruangan Ummi dan peran orangtua. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pembelajaranAl-Qur‟an dengan metode Ummi adalah kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, lupa, perizinan guru Ummi yang mendadak, dan terbatasya alokasi waktu. 3) hasil dari penerapan pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi Kelas V masing-masing peserta didik secara keseluruhan telah mencapai hasil persentasi yang sangat baik atau sangat berkualitas. Hasil tersebut membuktikkan bahwa dalam pembelajaran Al-Qur‟an Metode Ummi sangat berkualitas dengan jumlah persentasi date: 2020-03-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39473/1/16480008_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39473/2/16480008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: DEWI RUKMANA, NIM: 16480008 (2020) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK KELAS V DI SD ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.