eprintid: 39478 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/94/78 datestamp: 2020-06-08 09:23:40 lastmod: 2020-06-08 09:23:40 status_changed: 2020-06-08 09:23:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shinta Ekawati Prabawaningrum, NIM: 15480026 title: STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD N KARANGAYAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Strategi, Guru pendamping khusus, Anak berkebutuhan khusus. note: Sri Purnami, S.Psi. M.A , abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus perlakuan tidak pantas yang dilakukan oleh guru pendamping khusus kepada anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui macam-macam anak berkebutuhan khusus di SD N Karangayar Yogyakarta. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendamping khusus dalam mengatasi kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus di SD N Karangayar Yogyakarta. 3)Untuk mendeskripsikan kendala guru pendamping khusus dalam melaksanakan strategi belajar bersama anak berkebutuhan khusus di SD N Karangayar Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau subjek penelitian ini yaitu guru pendamping khusus. Untuk pengecekkan ke absahan data dengan cara triangulasi teknik dan triangulas sumber. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) macam-macam jenis kebutuhan ABK di SD N Karangayar Yogyakarta yaitu ADHD,slow learner, tunagrahita, CP, tuna ganda, low vision, speech delay, dan down sindrom. 2) beberapa strategi yang digunakan oleh guru pendamping khusus yaitu, a) Memberikan penjelasan dengan pelan-pelan dan memberikan tugas dengan jelas, b) Memberikan kesempatan berpikir, c) Mengurangi tingkat kesulitan soal dan tugas, d) Memberikan waktu rehat, e) Memusatkan konsentrasi dengan teguran, f) Pemilihan tempat duduk yang tepat, g) Pemberian motivasi. h) Menanamkan pemikiran bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama, i) Mengajarkan keterampilan belajar, j) Strategi pengajaran individual, k) Strategi modifikasi tingkah laku, l) Strategi pengajaran yang diindividualisasikan, m) Strategi kooperatif, n) Strategi ekspositori, o) strategi pengulangan, p) Strategi pull out. 3) kendala yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran dan dukungan orang tua. date: 2020-02-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Shinta Ekawati Prabawaningrum, NIM: 15480026 (2020) STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD N KARANGAYAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39478/1/15480026_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39478/2/15480026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf