%0 Thesis
%9 Skripsi
%A ROSI ALLEN WULANDARI, NIM : 15430017
%B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan
%D 2020
%F digilib:39502
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Pengasuhan, anak usia dini, taman penitipan anak, habit forming
%T IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK USIA DINI BERBASIS HABIT FORMING DI TAMAN PENITIPAN ANAK BABY & CHILD CARE KB TK KREATIF PRIMAGAMA KENTUNGAN
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39502/
%X Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengasuhan anak usia dini berbasis habit forming di Taman Penitipan Anak Baby & Child Care KB TK Kreatif Primagama Kentungan, dimana pengasuhan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan biologis anak saja tetapi juga memberikan pendidikan dan membentuk anak mengikuti kebiasaan yang rutin dan memberikan keterampilan hidup dalam hal kemandirian, sopan santun, dan tertib.  Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan trianggulasi teknik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pengasuhan anak usia dini berbasis habit forming di TPA Baby & Child Care KB TK Kreatif Primagama Kentungan yaitu dilaksanakan melalui tahapan berikut: perencanaan yaitu penyusunan RPPM, RPPH, jadwal massage, spa dan pemeriksaan dokter, pengorganisasian yaitu kepala sekolah sebagai penanggung jawab, 3 pengasuh sebagai koordinator dan pendamping, pelaksanaan yaitu anak tidur pagi dan siang, makan buah, makan sendiri, berdoa sebelum dan setelah kegiatan, mengembalikan barang ke tempatnya, membuang diaper pada tempatnya dan pendampingan pengasuh dengan anak 1:3 dan evaluasi yaitu laporan pertumbuhan dan perkembangan anak tiap semester. (2) faktor pendukung implementasi pengasuhan anak usia dini berbasis habit forming yaitu: a) kurikulum, b) guru atau pengasuh yang konsisten, c) kerjasama guru dengan orang tua, d) perkembangan anak, e) lingkungan, f) sarana prasarana. Faktor penghambat yaitu: a) guru atau pengasuh belum konsisten, b) tidak ada kerjasama antar guru dan orang tua, c) kondisi anak, d) tidak ada Standar Operasi Prosedur. 3) dampak implementasi pengasuhan anak usia dini berbasis habit forming yaitu, a) menanamkan nilai-nilai keagamaan, b) anak lebih mandiri, c) aktivitas anak teratur, d) membentuk karakter, e) disiplin, f) kosa kata anak bertambah
%Z Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.