@phdthesis{digilib39505,
           month = {February},
           title = {MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SEBAGAI
SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN
MAJEMUK DI RA PERMATA HATI AL-MAHALLI
BANTUL KELAS B3 (USIA 5-6 TAHUN)},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 15430026 Wulandari Amanda},
            year = {2020},
            note = {Siti Zubaedah, S.Ag.,M.Pd.,},
        keywords = {kecerdasan majemuk, model pembelajaran
berbasis sentra.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39505/},
        abstract = {Penelitian skripsi ini dilatar belakangi adanya
trobosan baru di model pembelajaran anak usia dini berupa
model pembelajaran sentra, memberikan kesempatan yang
baik bagi pendidikan anak usia dini untuk dapat
mengembangkan potensi anak sejak dini. Kecerdasan bukan
hanya tentang nilai dan kemampuan logis-matematis. Namun
kecerdasan merupakan bahasan yang luas tentang potensi
unik yang ada dalam setiap diri manusia.
Tujuan penelitian ini terletak pada bagaiman model
pembelajaran sentra memberikan sumbangan yang positif
bagi terselenggaranya pendidikan anak usia dini yang lebih
baik. Pendidikan anak usia dini hakikatnya merupakan
pengenalan dan proses menggali kemampuan dan minat anak.
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang
menanamkan karakter anak sekaligus menemukan bakat
alami anak yang merupakan modal awal pemberian stimulasi
yang tepat pada anak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
jenis penelitian diskriptif yang menjelaskan kegiatan belajar
anak usia dengan metode pembelajaran berbasis sentra di RA
Permata Hati Al-Mahalli Pleret Bantul. Metode pengumpulan
data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tiga
metode yaitu, metode observasi, metode dokumentasi dan
metode wawancara dengan menggunakan analisis reduksi
data, display data dan kesimpulan.
Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa
penggunaan model pembelajaran sentra di RA Permata Hati
Al-Mahalli dapat menjadi fasilitas pengembangan kecerdasan
majemuk terbukti dari kegiatanya yang beragam dan anak
dapat memilih sesuai keginginanya sendiri.Kegiatan di model
xviii
pembelajaran berbasis sentra yang beragam dan melibatkan
kemampuan anak untuk memilih jenis kegaiatan main yang
akan dilakukan, menjadikan potensi-potensi anak yang unik
dapat dikembangkan dengan baik. Diharapkan hasil
penelitian ini dapat menjadi rujukan, bahwa pendidikan pada
anak usia dini merupakan proses mengasah dan menemukan
potensi dalam diri anak bukan mengejar angka pada hasil
proses belajarnya}
}