%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Wulandari Amanda, NIM. 15430026
%B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan
%D 2020
%F digilib:39505
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K kecerdasan majemuk, model pembelajaran  berbasis sentra.
%T MODEL PEMBELAJARAN SENTRA SEBAGAI  SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN  MAJEMUK DI RA PERMATA HATI AL-MAHALLI  BANTUL KELAS B3 (USIA 5-6 TAHUN)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39505/
%X Penelitian skripsi ini dilatar belakangi adanya  trobosan baru di model pembelajaran anak usia dini berupa  model pembelajaran sentra, memberikan kesempatan yang  baik bagi pendidikan anak usia dini untuk dapat  mengembangkan potensi anak sejak dini. Kecerdasan bukan  hanya tentang nilai dan kemampuan logis-matematis. Namun  kecerdasan merupakan bahasan yang luas tentang potensi  unik yang ada dalam setiap diri manusia.  Tujuan penelitian ini terletak pada bagaiman model  pembelajaran sentra memberikan sumbangan yang positif  bagi terselenggaranya pendidikan anak usia dini yang lebih  baik. Pendidikan anak usia dini hakikatnya merupakan  pengenalan dan proses menggali kemampuan dan minat anak.  Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang  menanamkan karakter anak sekaligus menemukan bakat  alami anak yang merupakan modal awal pemberian stimulasi  yang tepat pada anak.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan  jenis penelitian diskriptif yang menjelaskan kegiatan belajar  anak usia dengan metode pembelajaran berbasis sentra di RA  Permata Hati Al-Mahalli Pleret Bantul. Metode pengumpulan  data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tiga  metode yaitu, metode observasi, metode dokumentasi dan  metode wawancara dengan menggunakan analisis reduksi  data, display data dan kesimpulan.  Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa  penggunaan model pembelajaran sentra di RA Permata Hati  Al-Mahalli dapat menjadi fasilitas pengembangan kecerdasan  majemuk terbukti dari kegiatanya yang beragam dan anak  dapat memilih sesuai keginginanya sendiri.Kegiatan di model  xviii  pembelajaran berbasis sentra yang beragam dan melibatkan  kemampuan anak untuk memilih jenis kegaiatan main yang  akan dilakukan, menjadikan potensi-potensi anak yang unik  dapat dikembangkan dengan baik. Diharapkan hasil  penelitian ini dapat menjadi rujukan, bahwa pendidikan pada  anak usia dini merupakan proses mengasah dan menemukan  potensi dalam diri anak bukan mengejar angka pada hasil  proses belajarnya
%Z Siti Zubaedah, S.Ag.,M.Pd.,