eprintid: 39512 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/95/12 datestamp: 2020-06-15 04:45:05 lastmod: 2020-06-15 04:45:05 status_changed: 2020-06-15 04:45:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sufah Iliya Manazila, NIM. 16600032 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN SIKAP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Creative Problem Solving (CPS), Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif note: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model CPS dengan pendekatan Open Ended serta variabel terikat yaitu kemampuan berpikir dan sikap kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2019/2020, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 3. Kelas X MIPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X MIPA 3 dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif, prescale-postscale sikap kreatif, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS dengan pendekatan Open Ended tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap sikap kreatif siswa. date: 2020-05-15 date_type: published pages: 334 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sufah Iliya Manazila, NIM. 16600032 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN SIKAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39512/1/16600032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39512/2/16600032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf