TY - BOOK ID - digilib39524 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39524/ A1 - MUHSIN KALIDA, [EDITOR] Y1 - 2019/12/01/ N2 - Dalam buku ini dimuat berbagai kiat-kiat pelayanan untuk meningkatkan program social skill, memahami berbagai problem, need description dalam networking, fundraising, self-management, good attitude, good fashion, exellent service, personal branding, komunikasi interpersonal, manajemen emosi, dan berbagai hal terkait keterampilan sosial bagi pustakawan. Dari jumlah sekian banyak tawaran gagasan ini, satu sisi menjadi daya motivasi yang kuat dalam rangka meningkatkan social skill pustakawan, tetapi di sisi lain juga akan menjadi ancaman, jika kurang memperhatikan. Secara operasional harus bisa dirumuskan, mengapa social skill pustakawan menjadi penting di lembaga perpustakaan?. Bahwa, pentingnya social skill pustakawan dalam pelayanan adalah bagaikan fundraising (menggalang dana) sebuah lembaga, supaya lembaga tetap survival, tetap hidup dan tidak mati, atau laa yamuutu walaa yahya. Berbagai realitas sosial yang berkembang saat ini, terkadang memang menggelisahkan, tetapi satu sisi merupakan tantangan bagi perpustakaan dalam menajamkan visi dan program aksi bagi pustakawan. Perpustakaan dihadapkan pada tuntutan pengembangan atau bahkan ?mungkin- perubahan orientasi yang baru. Selain menjadi pengembang organisatoris, dengan melihat dampak yang luar biasa, ternyata juga harus menyiapkan civitas pustakawannya menjadi agen perubahan sosial dan pengabdi masyarakat, menjadi center of exellence dan feeder bagi lembaga lain. Tentu, konsep dasarnya adalah prinsip keseimbangan dan harmonisasi, yang selanjutnya konsep ini akan melahirkan derivasi vi - Keterampilan Sosial Pustakawan prinsip-prinsip dasar, yaitu persamaan (musawah), persaudaraan (ukhwah) dan kemiteraan (ta?awun). Selama ini di perpustakaan masyarakat justru kurang terlihat bagaimana pentingnya sinergi dalam melaksanakan program pengembangan terpadu bagi terbangunnya jaringan kemiteraan. Agar perpustakaan di masyarakat bisa tetap survival, hendaknya memiliki konsep dan rumusan mengenai program peningkatan mutu pengelolanya, terutama social skill bagi pustakawan. PB - Lembaga Ladang Kata SN - 978-623-7089-57-5 TI - Keterampilan Sosial Pustakawan AV - restricted EP - 273 ER -