%0 Report %9 Project Report %@ 229 %A KALIDA, MUHSIN %D 2020 %F digilib:39531 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K manajemen, penguatan kelembagaan, TBM, perpustakaan komuniti %T Laporan Penelitian MANAJEMEN PENGUATAN KELEMBAGAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) (Studi Komparatif TBM Mata Aksara Yogyakarta dengan Perpustakaan Komuniti Setiawangsa Malaysia) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39531/ %X Penelitian bertujuan mengungkap manajemen penguatan kelembagaan pada lembaga pendidikan nonformal, yaitu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Yogyakarta dan Perpustakaan Komuniti di Kuala Lumpur Malaysia. Fokus penelitian adalah motivasi pendidirian lembaga, tipologi kelembagaan, manajemen penguatan SDM, kemiteraan dan penggalangan dana. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian lapangan, studi komparatif, dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Subyek penelitian para pengelola lembaga, dan pegawai pemerintah yang berwenang di Yoyakarta dan Kuala Lumpur Malaysia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pendirian lembaga TBM dan perpustakaan komuniti adalah menyalurkan idealisme, spiritual, sosial, kebutuhan masyarakat dan menjalankan kebijakan pemerintah. Tipologi kelembagaan adalah bottom-up dan top-down. Manajemen penguatan SDM yaitu sistem volunteer, pekerja sosial dan pegawai pemerintah. Manajemen penguatan kemiteraan dan pendanaan ada dua, yaitu sistem madiri dan tergantung kebijakan pemerintah. Sedang hasil komparatif adalah motivasi pendirian TBM adalah menyalurkan idealisme, motif spiritual dan motif sosial, sedangkan perpustakaan komuniti adalah menjalankan kebijakan pemerintah. Tipologi kelembagaan TBM adalah bottom-up, pada perpustakaan komuniti adalah top-down. Manajemen penguatan SDM di TBM adalah sistem volunteer dan pekerja sosial, dan di perpustakaan komuniti adalah pegawai pemerintah. Manajemen penguatan kemiteraan dan fundraising di TBM adalah kreatif mandiri, dan di perpustakaan komuniti mengikuti kebijakan pemerintah.