%0 Report %9 Project Report %@ 137 %A KALIDA, MUHSIN %D 2019 %F digilib:39532 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K METODE PSYCHOWRITING, KOMPETENSI MENULIS, SISWA SLTP-SLTA %T Laporan Penelitian IMPLEMENTASI METODE PSYCHOWRITING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS BAGI SISWA SLTP-SLTA DI KAB. ENREKANG, PROV. SULAWESI SELATAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39532/ %X Implementasi psychowriting method untuk meningkatkan kompetensi menulis bagi Siswa SLTP-SLTA di Enrekang, Sulawesi Selatan, Kab. Tulungagung, Magetan, Yogyakarta, Cirebon, dan Lampung adalah merupakan metode yang holistik dengan pendekatan multidimensional tentang pembelajaran kreatif (creative learning), khususnya dalam upaya peningkatan minat menulis bagi siswa. Aktivitas menulis ternyata tidak sulit, justru mendatangkan rekonstruksi pikiran dan perasaan, sehingga subjek mampu mengekspresikan apa yang ada ke dalam sebuah tulisan. Dalam implementasi psychowriting method untuk meningkatkan minat menulis siswa, ada lima tahap yang implementatif, yaitu a) persiapan, b) menghadirkan ide menulis, c) menciptakan suasana (mood), d) pelaksanaan menulis, dan e) tindak lanjut.