eprintid: 39532 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/95/32 datestamp: 2020-06-17 00:49:16 lastmod: 2020-06-17 02:46:11 status_changed: 2020-06-17 00:49:16 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: KALIDA, MUHSIN title: Laporan Penelitian IMPLEMENTASI METODE PSYCHOWRITING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS BAGI SISWA SLTP-SLTA DI KAB. ENREKANG, PROV. SULAWESI SELATAN ispublished: pub subjects: kep_men divisions: pegawai full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: METODE PSYCHOWRITING, KOMPETENSI MENULIS, SISWA SLTP-SLTA abstract: Implementasi psychowriting method untuk meningkatkan kompetensi menulis bagi Siswa SLTP-SLTA di Enrekang, Sulawesi Selatan, Kab. Tulungagung, Magetan, Yogyakarta, Cirebon, dan Lampung adalah merupakan metode yang holistik dengan pendekatan multidimensional tentang pembelajaran kreatif (creative learning), khususnya dalam upaya peningkatan minat menulis bagi siswa. Aktivitas menulis ternyata tidak sulit, justru mendatangkan rekonstruksi pikiran dan perasaan, sehingga subjek mampu mengekspresikan apa yang ada ke dalam sebuah tulisan. Dalam implementasi psychowriting method untuk meningkatkan minat menulis siswa, ada lima tahap yang implementatif, yaitu a) persiapan, b) menghadirkan ide menulis, c) menciptakan suasana (mood), d) pelaksanaan menulis, dan e) tindak lanjut. date: 2019-12-12 date_type: published publisher: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI id_number: 137 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI citation: KALIDA, MUHSIN (2019) Laporan Penelitian IMPLEMENTASI METODE PSYCHOWRITING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS BAGI SISWA SLTP-SLTA DI KAB. ENREKANG, PROV. SULAWESI SELATAN. Project Report. FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39532/1/HASIL%20PENELITIAN%202019%2C%20PSYCHOWRITING.pdf