%0 Thesis %9 Skripsi %A Novi Nurlaili, NIM. 16220072 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2020 %F digilib:39572 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Bimbingan Klasikal, Religiusitas siswa. %P 148 %T BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39572/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehidupan seorang siswa yang memiliki keasadaran beragama yang berbeda-beda. Kesadaran itu dapat dimulai dari pendidikan usia dini sampai remaja. Karena pada masa itu adalah masa anak-anak sedang mencari jati diri. Oleh karena itu dibutuhkan bimbingan klasikal untuk mengarahkan remaja tersebut kepada ajaran agama yang baik dan benar. Dengan membekali siswa pemahaman akan tata cara beribadah, akhlak dan sopan santun, diharapkan meningkatkan religiusitas siswa Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode bimbingan klasikal untuk meningkatkan religiusitas siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Fokus pada penelitian ini adalah metode yang digunakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bimbingan klasikal untuk meningkatkan religiusitas siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta terdiri dari 4 metode yaitu metode diskusi, metode ceramah, metode modeling melalui video dan film, metode permainan. %Z Dr. Irsyadunnas, S. Ag., M.Ag.