%0 Thesis %9 Skripsi %A Wahyu Khoiri Nisa, NIM. 15600012 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2020 %F digilib:39597 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Efektivitas, Metode pembelajaran SYGI, Nilai-nilai keislaman, Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, Motivasi belajar matematika siswa. %P 338 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39597/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-posttest Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, prescale-postscale motivasi belajar matematika siswa, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data untuk kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. %Z Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc