eprintid: 39597 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/95/97 datestamp: 2020-06-24 04:55:06 lastmod: 2020-06-24 04:55:06 status_changed: 2020-06-24 04:55:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wahyu Khoiri Nisa, NIM. 15600012 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Metode pembelajaran SYGI, Nilai-nilai keislaman, Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, Motivasi belajar matematika siswa. note: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode SYGI dengan nilai-nilai keislaman dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-posttest Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, prescale-postscale motivasi belajar matematika siswa, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data untuk kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran SYGI dengan nilai-nilai keislaman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan motivasi belajar matematika siswa. date: 2020-05-14 date_type: published pages: 338 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahyu Khoiri Nisa, NIM. 15600012 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN NILAI-NILAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39597/1/Wahyu%20Khoiri%20Nisa_15600012_BAB%20I_BAB%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39597/2/Wahyu%20Khoiri%20Nisa_15600012_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf