@phdthesis{digilib39599, month = {May}, title = {EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 16600010 RESTU AJI}, year = {2020}, note = {Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si.}, keywords = {Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individuality (TAI), Kemampuan Pembuktian Matematis, Self-Confidence.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39599/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence siswa SMA N 2 Banguntapan. Penyebab dari rendahnya kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence adalah pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI serta variabel terikat yaitu kemampuan pembuktian matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Banguntapan. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI. Instrumen dalam penelitian ini, adalah pretest-posttest kemampuan pembuktian matematis, prescale-postscale self-confidence, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran tipe TAI, sama dengan pembelajaran konvensional terhadap self-confidence siswa.} }