@phdthesis{digilib39609, month = {May}, title = {PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA KELAS VII MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 15420072 Posman Rambe}, year = {2020}, note = {Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM}, keywords = {Analisis, Pembelajaran Bahasa Arab, Siswa Tunanetra}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39609/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa saja yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa tunanetra kelas VII MTs Yaketunis Yogyakarta bagaiaman prosesnya, dan apa problem yang dihadapi oleh guru serta bagaimana solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara untuk analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Ada beberapa metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII Yaketunis Yogyakarta, yaitu; Metode campuran yang terdiri dari metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta metode audiolingual, 2.) Penerapan metode pembelajaran berlangsung dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kondisi siswa, 3) Secara langsung tidak ada problem atau masalah yang ditemukan oleh guru pada proses penerapan metode pembelajaran, namun secara tidak langsung ada beberapa problem yang menjadi masalah, yaitu; tidak adanya buku pegangan belajar yang menggunakan huruf braille, kurangnya fasilitas media pembelajaran dan kesenjangan kecerdasan siswa.} }