eprintid: 39668 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/96/68 datestamp: 2020-07-10 04:00:43 lastmod: 2020-07-10 04:00:43 status_changed: 2020-07-10 04:00:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eko Pardiyanto, NIM. 16690045 title: EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Generative Learning, Animasi Flash, Remediasi Miskonsepsi, Hukum Newton Tentang Gravitasi note: Dr. Winarti, M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran generative learning berbantuan animasi flash untuk remediasi miskonsepsi siswa terhadap materi hukum newton tentang gravitasi, 2) mengetahui bagaimana penurunan miskonsepsi siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran generative learning berbantuan animasi flash. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta pada kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan februari sampai maret 2020. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda beralasan (two-tier multiple choice aitems) dan non tes berupa lembar wawancara siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) hasil uji hipotesis dengan mengunakan perhitungan uji t test didapatkan asymp sig(2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai probabilitas sebesar 0,05, terlihat bahwa nilai asymp sig(2-tailed) lebih kecil dibandingkan nilai probabilitas serta nilai efektivitasnya sebesar 2,154. 2) penurunan miskonsepsi yang terjadi setelah diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran generative learning berbantuan Animasi Flash pada kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol terlihat dari rata-rata penurunan miskonsepsi pada kelas eksperimen sebesar 20% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 2,30%. Artinya bahwa strategi pembelajaran generative learning berbantuan Animasi Flash efektif digunakan untuk meremediasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas X di SMAN 5 yogyakarta pada materi hukum newton tentang gravitasi. date: 2020-06-18 date_type: published pages: 302 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eko Pardiyanto, NIM. 16690045 (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39668/1/16690045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39668/2/16690045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf