eprintid: 39681 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/96/81 datestamp: 2020-07-13 02:45:25 lastmod: 2020-07-13 02:45:25 status_changed: 2020-07-13 02:45:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mujaddidul Amri, NIM. 16240027 title: PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA ispublished: pub subjects: jur_mendak divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Persepsi, Pengetahuan, Preferensi, Murabahah, BMT BIF. note: Dr. Maryono S.Ag. M.Pd abstract: Mujaddidul Amri (16240027), Pengaruh persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk terhadap preferensi anggota memilih produk pembiayaan murabahah di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Yogyakarta Tahun 2019, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk terhadap preferensi anggota memilih produk pembiayaan murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Data yang diperoleh berasal dari 89 responden yang disebar kepada anggota aktif pengguna pembiayaan murabahah di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Yogyakarta dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner fisik. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji statistik parsial (T), dan uji ANOVA atau simultan (F), serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi pada tabel Adjusted R2 adalah 0,839. Hal tersebut berarti variabel dependen (preferensi anggota memilih produk pembiayaan murabahah) dipengaruhi secara dominan oleh variabel independen (persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk) sebesar 83,9% dan sebesar 16,1% (100%-83,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji ANOVA (F), menunjukkan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel dependen secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen. Secara parsial, berdasarkan hasil uji T variabel persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. date: 2020-06-19 date_type: published pages: 218 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mujaddidul Amri, NIM. 16240027 (2020) PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39681/1/16240027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39681/2/16240027_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf