TY - THES N1 - Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA. ID - digilib39700 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39700/ A1 - Dinie Muftihatur Rohmah, NIM. 16220049 Y1 - 2020/03/11/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak disleksia yang memiliki hambatan khususnya dalam hal membaca dan menulis. Akibat dari hambatan yang dimilikinya menyebabkan anak disleksia kurang memiliki kemampuan dalam mengelola cara belajar, kurang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan kurang terampil memanfaatkan sumber belajar. Oleh karena itu, pendekatan layanan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar anak disleksia ini perlu diperhatikan agar nantinya dapat membantu perkembangan anak khususnya anak disleksia untuk dapat memiliki kemandirian belajar yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar (studi pada anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta). Fokus pada penelitian ini adalah langkah-langkah bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar (studi anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima langkah layanan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta yakni: identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, terapi dan evaluasi atau follow up. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Bimbingan Belajar KW - Kemandirian Belajar KW - Anak Disleksia M1 - skripsi TI - BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 123 ER -