eprintid: 39700 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/97/00 datestamp: 2020-07-14 03:43:36 lastmod: 2020-07-14 03:43:36 status_changed: 2020-07-14 03:43:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dinie Muftihatur Rohmah, NIM. 16220049 title: BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar, Anak Disleksia note: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak disleksia yang memiliki hambatan khususnya dalam hal membaca dan menulis. Akibat dari hambatan yang dimilikinya menyebabkan anak disleksia kurang memiliki kemampuan dalam mengelola cara belajar, kurang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan kurang terampil memanfaatkan sumber belajar. Oleh karena itu, pendekatan layanan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar anak disleksia ini perlu diperhatikan agar nantinya dapat membantu perkembangan anak khususnya anak disleksia untuk dapat memiliki kemandirian belajar yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar (studi pada anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta). Fokus pada penelitian ini adalah langkah-langkah bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar (studi anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima langkah layanan bimbingan belajar dalam membentuk kemandirian belajar anak disleksia di Sekolah Alam Tallent School Yogyakarta yakni: identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, terapi dan evaluasi atau follow up. date: 2020-03-11 date_type: published pages: 123 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dinie Muftihatur Rohmah, NIM. 16220049 (2020) BIMBINGAN BELAJAR DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA ANAK DISLEKSIA DI SEKOLAH ALAM TALLENT SCHOOL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39700/1/16220049_%20BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39700/2/16220049_%20BAB-II_S.D_IV_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf