%0 Thesis %9 Skripsi %A Rahmaika Hidayati, NIM. 16220093 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2020 %F digilib:39701 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Pola Asuh, Tunanetra, dan Kemandirian Anak %P 110 %T POLA ASUH ORANG TUA TUNANETRA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Pada Dua Keluarga Di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39701/ %X Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya pasangan orang tua tunanetra yang menjadi anggota di Lembaga Sosial Tunanetra Al-Hikmah Yogyakarta dan mereka masih harus mengasuh anak, keterbatasan dalam pengelihatan tidak menghalangi dalam mendidik dan menjadikan anak yang mandiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola asuh orang tua tunanetra dalam membentuk kemandirian anak. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisis data, penulis mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua tunanetra dalam membentuk kemandirian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pola asuh orang tua tunanetra dalam membentuk kemandirian anak. Orang tua Annisa menggunakan pola asuh otoriter dimana anak harus mengikuti peraturan orang tua dampak kemandirian pada anaknya anak menjadi mandiri dalam mengurus diri, bertanggung jawab. Sedangkan orang tua Titis menggunakan pola asuh situasional, orang tua bisa menggunakan pola asuh tergantung pada situasi tertentu. Dampak dari pola asuh ini anak menjadi kurang mandiri, belum bisa mengurus diri sendiri secara penuh, anak menjadi manja, bergantung pada orang tua. %Z Dr. H. Rifa’i, M.A