eprintid: 39753 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/97/53 datestamp: 2020-07-19 07:45:51 lastmod: 2020-07-19 07:45:51 status_changed: 2020-07-19 07:45:51 type: article metadata_visibility: show creators_name: Masruri, Muhammad creators_name: Muqowim, - creators_name: Radjasa, - title: KONSEP KHUDI IQBAL DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ispublished: pub subjects: artkl_dos divisions: artkl full_text_status: public keywords: KHUDI IQBA, KREATIFITAS PEMBELAJARAN, DI MADRASAH abstract: Tujuan kajian ini adalah untuk mengontekstualisasikan konsep Khudi dari seorang Muhammad Iqbal dalam pengembangan kreatifitas pembelajaran di Madrasah. peneliti akan mencoba mengawali menelaah biografi dan sejarah pendidikan yang didapat Muhammad Iqbal, konsep Khudi serta pengembangan konsep Khudi tersebut dalam pembelajaran di Madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka (library research). Studi kepustakaan adalah tekhnik pengumpulan dataddengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di madrasah hendaknya mengutamakan kepribadian dengan mewujudkan keseimbanagn berupa kebahagiaan lahiriah dan batiniah. Muhammad Iqbal (1877-1938) menjadi tokoh sentral dengan berbagai gagasannya sebagai seorang tokoh pemikir dan pembaharu dapat menjadi motor penggerak bagi para pendidik dalam melaksanakan proses pendidikan di madrasah. Dengan gagasan Khudi-nya, Iqbal memberikan gambaran kepada pendidik di madrasah agar saling melengkapi dan mampu berdialog tidak hanya antara pelaku pendidikan saja melainkan dapat berdialog dengan Tuhan. Hal ini dapat tercapai apabila seorang pendidik dapat mencapai derajat Khudi yang tinggi. Hal ini dapat menjadi pemecah kebuntuan pendidik tatkala menghadapi berbagai macam permasalahan yang timbul dalam menghadapi proses pembelajaran. date: 2020 date_type: published publication: KONSEP KHUDI IQBAL DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH volume: 16 number: 1 publisher: Jurnal Penelitian Keislaman pagerange: 46-59 id_number: P-ISSN 2580-9652 refereed: TRUE issn: E-ISSN 1829-6491 official_url: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk citation: Masruri, Muhammad and Muqowim, - and Radjasa, - (2020) KONSEP KHUDI IQBAL DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH. KONSEP KHUDI IQBAL DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH, 16 (1). pp. 46-59. ISSN E-ISSN 1829-6491 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39753/1/artikel-jurnal-penelitian-uin-mataram-muqowim.pdf