?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F39756%2F&rft.title=Pengaruh+Strategi+Experiential+Learning+terhadap+Self+Regulated+Learning+Mahasiswa+PGMI+(Pendidikan+Guru+Madrasah+Ibtidaiyah)&rft.creator=Latipah%2C%2C+Eva&rft.subject=Artikel+Dosen&rft.description=Self+regulated+learning+memiliki+peranan+yang+sangat+penting+terhadap+banyak+aspek+kehidupan+terutama+bidang+akademik.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menguji+pengaruh+strategi+experiential+learning+terhadap+self+regulated+learning+dan+komponen-komponennya+(motivasi+belajar%2C+strategi+belajar+kognitif%2C+regulasi+metakognitif%2C+dan+kelola+sumber+daya)+mahasiswa+PGMI.+Hipotesis+yang+diuji+adalah+ada+pengaruh+strategi+experiential+learning+terhadap+self+regulated+learning+dan+komponen-komponennya+(motivasi+belajar%2C+strategi+belajar+kognitif%2C+regulasi+metakognitif%2C+dan+kelola+sumber+daya)+mahasiswa+PGMI.%0D%0ASubjek+penelitian+ini+adalah+40+orang+kelompok+eksperimen+dan+40+orang+kelompok+kontrol+mahasiswa+PGMI+Fakultas+Ilmu+Tarbiyah+dan+Keguruan+UIN+Sunan+Kalijaga.+Dua+instrumen+digunakan+dalam+pengumpulan+data+yaitu+modul+experiential+learning+dan+skala+self+regulated+learning.+Teknik+analisis+multivariat+dua+jalur+digunakan+untuk+menganalisis+data.%0D%0AHasil+menunjukkan+bahwa+ada+perbedaan+self+regulated+learning+(F%3D18%2C213%3B+p%3C0%2C01)%2C+motivasi+belajar+(F%3D18%2C308%3B+p%3C0%2C01)%2C+strategi+belajar+kognitif+(F%3D15%2C427%3B+p%3C0%2C01)%2C+regulasi+metakognitif+(F%3D9%2C859%3B+p%3C0%2C01)%2C+dan+kelola+sumber+daya+(F%3D10%2C725%3B+p%3C0%2C01)+yang+signifikan+antara+kelompok+eksperimen+dan+kelompok+kontrol.+Ini+artinya+bahwa+strategi+experiential+learning+berpengaruh+positif+sangat+signifikan+terhadap+self+regulated+learning+mahasiswa+PGMI.&rft.publisher=Fakultas+Ilmu+Tarbiyah+dan+Keguruan+Universitas+Islam+Negeri&rft.date=2019&rft.type=Monograph&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F39756%2F1%2FPengaruh%2520Strategi%2520Experiential%2520Learning.pdf&rft.identifier=++Latipah%2C%2C+Eva++(2019)+Pengaruh+Strategi+Experiential+Learning+terhadap+Self+Regulated+Learning+Mahasiswa+PGMI+(Pendidikan+Guru+Madrasah+Ibtidaiyah).++Working+Paper.+Fakultas+Ilmu+Tarbiyah+dan+Keguruan+Universitas+Islam+Negeri%2C+Yogyakarta.+++++