eprintid: 39756 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/97/56 datestamp: 2020-07-19 09:27:42 lastmod: 2020-07-19 09:27:42 status_changed: 2020-07-19 09:27:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Latipah,, Eva title: Pengaruh Strategi Experiential Learning terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) ispublished: pub subjects: artkl_dos divisions: a_pap full_text_status: public monograph_type: working_paper keywords: mahasiswa PGMI, self regulated learning, strategi experiential learning. abstract: Self regulated learning memiliki peranan yang sangat penting terhadap banyak aspek kehidupan terutama bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi experiential learning terhadap self regulated learning dan komponen-komponennya (motivasi belajar, strategi belajar kognitif, regulasi metakognitif, dan kelola sumber daya) mahasiswa PGMI. Hipotesis yang diuji adalah ada pengaruh strategi experiential learning terhadap self regulated learning dan komponen-komponennya (motivasi belajar, strategi belajar kognitif, regulasi metakognitif, dan kelola sumber daya) mahasiswa PGMI. Subjek penelitian ini adalah 40 orang kelompok eksperimen dan 40 orang kelompok kontrol mahasiswa PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Dua instrumen digunakan dalam pengumpulan data yaitu modul experiential learning dan skala self regulated learning. Teknik analisis multivariat dua jalur digunakan untuk menganalisis data. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan self regulated learning (F=18,213; p<0,01), motivasi belajar (F=18,308; p<0,01), strategi belajar kognitif (F=15,427; p<0,01), regulasi metakognitif (F=9,859; p<0,01), dan kelola sumber daya (F=10,725; p<0,01) yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ini artinya bahwa strategi experiential learning berpengaruh positif sangat signifikan terhadap self regulated learning mahasiswa PGMI. date: 2019 date_type: published publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri place_of_pub: Yogyakarta pages: 29 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan citation: Latipah,, Eva (2019) Pengaruh Strategi Experiential Learning terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah). Working Paper. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39756/1/Pengaruh%20Strategi%20Experiential%20Learning.pdf