eprintid: 39757 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/97/57 datestamp: 2020-07-20 02:54:12 lastmod: 2020-07-20 02:54:12 status_changed: 2020-07-20 02:54:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M.Rofi Fauzi, NIM. 18204080021 title: EPISTEMOLOGI PEMBELAJARAN IPA KELAS III MIN I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: sains_mi full_text_status: restricted keywords: Sumber, Cara Memperoleh, dan Ukuran Kebenaran note: Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag abstract: Filsafat epistemologi merupakan salah satu dasar yang akan menentukan arah tujuan ilmu pengetahuan dan menjadi pembeda antar ilmu pengetahuan. Kajian mengenai filsafat pengetahuan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan kajian yang menarik karena belum pernah dilakukan. Selain itu juga kajian ini sangat penting untuk menentukan arah tujuan pembelajaran ilmu pengetahuan alam tingkat dasar khusunya di Madrasah Ibtidaiyah sebagai Sekolah Dasar yang memiliki nilai lebih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian tesis ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penatrikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi. Pembelajaran IPA pada dasarnya adalah mempelajari segala sesuatu yang ada di alam semeseta ini menggunakan metode ilmiah, sehingga Sumber pembelajaran IPA yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat juga segala sesuatu yang ada di alam semesta. Sumber pembelajaran yang digunakan di MIN 1 Yogyakarta kelas tiga dapat dikategorikan menjadi sumber belajar yang dirancang dan sumber belajar yang tersedia. Adapun bentuk konkretnya itu buku teks, lembar kerja siswa, media elektronik, lingkungan sekitar, serta badan kelembagaan negara. Cara yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan dalam pembelajaran IPA di MIN 1 Yogyakarta kelas tiga yakni melalui metode ilmiah menggunakan alat indra. Bentuk kegiatan yang dilakukan seperti mengamati, mnafsirkan, mengkomunikasikan, membandingkan, serta mengajukan pertanyaan. Sedangkan ukuran kebenaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA di MIN 1 Yogyakarta kelas tiga yaitu dengan membuktikan kebenaran yang dipelajari di kelas melalui bertanya kepada orang yang ada di lingkungan mereka, melihat secara langsung kenyataan yang dipelajari di kelas, serta melakukan kunjungan di lembaga terkait materi pembelajaran yang sedang dipelajari. date: 2020-03-23 date_type: published pages: 171 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: M.Rofi Fauzi, NIM. 18204080021 (2020) EPISTEMOLOGI PEMBELAJARAN IPA KELAS III MIN I YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39757/1/18204080021_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39757/2/18204080021_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf