eprintid: 39761 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/97/61 datestamp: 2020-07-20 06:33:47 lastmod: 2020-07-20 06:33:47 status_changed: 2020-07-20 06:33:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Karmawan Adi Pratama, NIM. 16600059 title: ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Pemecahan masalah, Habits of mind, Kubus dan Balok note: Raekha Azka, M. Pd abstract: Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang penting untuk dimiliki siswa sebagai modal utama dalam kehidupan yang akan datang, dengan demikian kemampuan ini menjadi penting untuk dikembangkan. Terlepas dari itu salah satu aspek afektif yang juga mendukung kemampuan pemecahan masalah adalah habits of mind yang sangat perlu dikembangan agar siswa mampu berkebiasaan baik dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini terdiri dari tahap pra penelitian meliputi wawancara dengan guru matematika dan penyusunan instrumen penelitian; tahap penelitian meliputi pemberian tes tertulis dan wawancara dengan siswa; serta tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Adapun instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan tingkatan habits of mind yang berbeda yaitu tinggi, sedang, rendah, juga mempunyai tingkat kemampuan pemecahan masalah yang berbeda pula yaitu tinggi, sedang, rendah. Didapatkan karakteristik siswa dengan habits of mind tinggi ketika memecahkan masalah siswa mampu mengeneralisasi informasi dari masalah, mampu menentukan syarat cukup dan syarat perlu dari setiap masalah yang diajukan, mampu menjelaskan hubungan antara yang diketahui dengan yang ditanyakan, menggunakan ilustrasi bantu, kurang rapi dan runtut dalam menulsikan pemecahan masalah pada lembar jawab, kurang mampu menggunakan pengetahuan lama untuk menyelsaikan masalah yang baru, siswa mengimplementasikan rencana dalam memecahkan masalah dengan baik, siswa memeriksa kembali hasil. Karakteristik siswa dengan habits of mind sedang ketika memecahkan masalah siswa mampu menentukan syarat cukup dan syarat perlu dari masalah, sedikit mampu menjelaskan hubungan antara diketahui dan ditanyakan dari suatu masalah yang diajukan, lebih rapi dalam menulis penyelesaian masalah, mampu menggunakan pengetahuan lama untuk memecahkan masalah yang baru, siswa mengimplementasikan rencana dalam memecahkan masalah, dan siswa memeriksa kembali hasil. Karakteristik siswa dengan habits of mind rendah siswa tidak mampu mengeneralisasi informasi dari masalah, kurang mampu menyebutkan syarat cukup dan syarat perlu dari masalah, tidak mengetahui hubungan antara yang diketahui dan ditanyakan, kurang komunikatif dalam menjelaskan, sedikit mampu mengimplementasikan rencana dalam memecahkan masalah, dan siswa memeriksa kembali hasil. date: 2020-05-20 date_type: published pages: 273 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Karmawan Adi Pratama, NIM. 16600059 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39761/1/16600059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39761/2/16600059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf