@article{digilib39837, volume = {16}, number = {1}, author = {- Ubaidillah, and - Ening Herniti and - Aning Ayu Kusumawati}, title = {PENCITRAAN PEREMPUAN ISLAMI DALAM IKLAN KOMERSIAL: Analisis Semiotika}, publisher = {Mus{\~a}wa}, journal = {Mus{\~a}wa, : Pencitraan Perempuan Islami dalam Iklan Komersial}, pages = {1--17}, year = {2017}, keywords = {Iklan Komersial, Citra, Ikon Islam, Indeks, Simbol}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39837/}, abstract = {Wanita dalam iklan komersial sanagt penting untuk memperkuat pasar suatu produk. Untuk itu, menciptakan citra perempuan dalam suatu produk menjadi signifikan. Citra wanita Islam bisa dilihat pada produk sampo Wardah, Citra, dan Sunsilk. Artikel ini menjelaskan interpretasi dari makna ikonik,indeks dan simbolik dalam iklan komersial tersebut. Data diambil dari youtube, ditranskripsikan dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Kesimpulan menunjukkan bahwa citra wanita Islam di iklan tersebut dalam penafsiran ikonik adalah (1) egaliter, (2) perhatian , (3) tidak diskriminatif, (4) sportif, dan (5) selalu bersyukur. Sedangkan dalam makna indeks, citra wanita islami digambarkan (1) lebih percaya diri, (2) selalu bahagia, (3) menginspirasi, (4) bebas bergerak, (5) bersih luar dalam, (6) mencapai kebebasan, (7) ramah tamah (8) memiliki daya tarik seksual, dan (9) memiliki rasa nyaman. Sementara itu, citra wanita islami dalam arti simbolis adalah (1) Islami, baik verbal maupun nonverbal, (2) kelas sosial yang tinggi, (3) humanis, (4) berkedudukan setara, (5) menjaga pluralisme, (6) bernilai dan (7) putih bersinar} }