eprintid: 39849 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/98/49 datestamp: 2020-07-27 13:45:19 lastmod: 2020-07-27 13:45:19 status_changed: 2020-07-27 13:45:19 type: article metadata_visibility: show creators_name: Latipah, Eva creators_name: Cahyo Adi Kistoro, Hanif creators_name: Khairunnisa, Imaniyah title: Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support ispublished: pub subjects: jurnal_pai divisions: artkl full_text_status: public keywords: self-efficacy, dukungan sosial, sikap ilmiah, pembelajaran pendidikan agama Islam. abstract: Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Pendidikan Islam: Hubungan dan Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial. Pentingnya sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bukan hanya tuntutan kurikulum tertulis tetapi juga sebagai bagian dari kompetensi yang harus dicapai secara keseluruhan sebagai modal untuk menjadi manusia yang sadar lingkungan, sains, dan masyarakat. Faktor psikologis turut menentukan sikap ilmiah termasuk efikasi diri dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: a) korelasi antara self-efficacy dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, b) korelasi antara dukungan sosial dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dan c) korelasi antara self-efficacy dan dukungan sosial secara bersama-sama dengan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar yang terdiri dari kelas ke empat, ke lima, dan keenam, dengan total 152 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala sikap ilmiah, skala self-efficacy, dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara efikasi diri dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan r = 0,367 dan p = 0,000 (p <0,05). Ada korelasi positif yang signifikan antara dukungan sosial dan sikap ilmiah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan r = 0,381 dan p = 0,000 (p <0,05). Ada korelasi positif dan signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial secara bersama-sama dengan sikap ilmiah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan F = 18,222 dan p = 0,000 (p <0,05). date: 2020 date_type: published publication: Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam volume: 15 number: 1 publisher: EDUKASIA JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM pagerange: 37-56 id_number: DOI: 10.21043/edukasia.v15i1.7364 refereed: TRUE issn: 1907-7254; E-ISSN : 2502-3039 official_url: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia citation: Latipah, Eva and Cahyo Adi Kistoro, Hanif and Khairunnisa, Imaniyah (2020) Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15 (1). pp. 37-56. ISSN 1907-7254; E-ISSN : 2502-3039 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39849/1/Scientific%20%20attitude.pdf