relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3986/ title: PENGARUH POSITIONING, SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU SHAR-E (STUDY ANALISIS PADA BMI YOGYAKARTA) creator: M. MUKHYI - NIM. 02391182, subject: Keuangan Islam description: Penelitian ini menerapkan konsep Martin Fishbein dan Icek Ajzen dalam teori Reasoned Action, yang bertujuan untuk menganalisis minat konsumen terhadap produk Shar-E pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Yogyakarta. Produk Shar-E merupakan produk unggulan yang inovatif dari Bank yang merupakan pelopor berdirinya Bank Syari'ah di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah konsumen pemilik kartu Shar-E yang berada di wilayah Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini dibangun dengan paradigma berfikir bagaimana pengaruh dari sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat konsumen dalam memilih produk Shar-E baik secara parsial maupun bersama-sama dan atribut mana yang paling dominan mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut. Selain analisis dengan menggunakan model persamaan matematika dalam teori tersebut, dilakukan juga pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sikap konsumen jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai norma subjektif yaitu 103.40 : 105.92, hasil peritungan ini menunjukkan bahwa sikap konsumen dan norma subyektif memiliki nilai yang positif sehingga menghasilkan minat konsumen yang positif pula yaitu sebesar 1,465. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap minat konsumen adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji signifikansi t dan F. Dimana hasil analisis adalah sebagai berikut, Variabel positioning dengan koefisien sebesar 0,2676 dan tingkat signifikansi 0,000 dinyatakan signifikan, sikap konsumen, dengan koefisien sebesar 0,0069 dan tingkat signifikansi 0,000 dinyatakan signifikan dan bernilai positif. Variabel Norma subyektif dengan koefisien sebesar 0,0071 dan tingkat signifikansi 0,003 dinyatakan signifikan dan bernilai positif. Hasil penelitian ini berarti bahwa secara parsial variable positioning, sikap konsumen dan norma subyektif berpengaruh terhadap minat konsumen. Sedangkan pengaruh variabel independen secara simultan, nilai F hitung sebesar 49,910 dan tingkat signifikansi F sebesar 0,000 berarti bahwa apabila variabel ini diperlakukan secara bersama-sama maka akan mempengaruhi minat konsumen untuk memilih produk Shar-E. Kemudian nilai determinasi (R2) sebesar 0,609 yang menunjukkan bahwa minat konsumen dalam memilih produk Shar-E dapat dijelaskan oleh variabel sikap konsumen dan norma subyektif sebesar 60,9 % dan sisanya 39,1 % dijelaskan oleh variabel lain. Dari analisis regresi tersebut diperoleh persamaan Y = 1,5077+ 0,2676X1 + 0,0069X2 + 0,0071X3. Dengan mengetahui hasil penelitian minat konsumen terhadap produk Shar-E tersebut diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu sumber informasi dalam pemasaran dan pengembangan produk. Karena kelebihan dari teori alasan berperilaku ini adalah dapat meramalkan perilaku seseorang dan mengetahui tanggapan konsumen mengenai kelemahan dan keunggulan produk secara relatif. date: 2010-03-11 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3986/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3986/2/BAB%20II%2C%20III.%20IV.pdf identifier: M. MUKHYI - NIM. 02391182, (2010) PENGARUH POSITIONING, SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU SHAR-E (STUDY ANALISIS PADA BMI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.