%0 Thesis %9 Skripsi %A KHARISMA AYU HAPSARI, NIM. 16670005 %B FAKULTAS SAIN DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:39862 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penelitian Pengembangan, Modul, Higher Order Thinking Skills, Hidrokarbon %P 191 %T PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39862/ %X Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki peserta didik abad 21. Peserta didik abad 21 dituntut untuk mampu berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi hidrokarbon berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, reviewer (guru kimia SMA/MA) dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, disseminate), namun dibatasi sampai development. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat reviewer (guru kimia SMA/MA), dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar penilaian kualitas dengan skala Likert dan lembar respon peserta didik dengan skala Guttman. Hasil akhir produk pengembangan berupa media cetak berukuran B5 yang berisi materi hidrokarbon dan soal-soal berkarakteristik HOTS serta pembahasannya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapat persentase 88,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapatkan persentase 91,30% dengan kategori Sangat Baik (SB). Peserta didik merespon positif produk pengembangan ini dengan persentase sebesar 97%. %Z Agus Kamaludin, M.Pd