eprintid: 39874 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/03/98/74 datestamp: 2020-07-28 16:16:59 lastmod: 2020-07-28 16:16:59 status_changed: 2020-07-28 16:16:59 type: article metadata_visibility: show creators_name: Herniti, Ening, Ening title: AJEKTIVA PENANDA GENDER DALAM IKLAN TELEVISI ispublished: pub subjects: gen_der divisions: artkl full_text_status: public keywords: Ajektiva, Gender, iklan Televisi abstract: Iklan Televisi (IT) dipandang paling efektif menarik konsumen atau calon konsumen karena memadukan unsur visual, bunyi, gerak, dan warna. Berbagai IT demikian menjanjikan kepada konsumen dan calon konsumen, yakni barang atau produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas tinggi. Pengiklan berusaha meyakinkan kepada mereka dengan menempuh berbagai cara walaupun sering kali visualisai IT tersebut terlalu berlebihan. Perempuan sengaja dihadirkandalam IT untuk menarik konsumen atau calon konsumendengan harapan akan menaikkan oplah penjualan.Tampilnya perempuan dalam iklan memang dibutuhkan untuk memperkuat daya jual dari sebuah produk. Bukan saja dalam menyampaikan pesan, tetapi juga kesan terhadap produk tersebut.Wajah cantik , tubuh seksi, bibir sensual, dan rambut indah adalah satu-satunya daya tarik perempuan.Budaya konsumen Indonesia ‘kalau saya beli, saya jadi siapa’ juga turutandildalam mempertahankan bahkan membentukstereotipe mengenai posisi dan status perempuan. Akibatnya, perempuan(pemirsa televisi mayoritasperempuan) terjebak pada mimpi-mimpi yang ditawaran oleh iklan.Budaya patriarki berpengaruh besar pada IT. Hal ini tercermin pada pemilihan ajektiva sebagai pembentukopini bahwa cantik/ayu, mulus, halus, lembut, indah, putih, kuninglangsat, langsingdansingset, sertaawet muda adalah milik dan harus dimiliki perempuan. date: 2005-08 date_type: published publication: Sosio-Religia : Jurnal Ilmu Agama dan Ilmu Sosial volume: Vol. 4 number: No. 4 publisher: Lingkar Studi Ilmu Agama dan Ilmu Sosial pagerange: 1-21 refereed: TRUE issn: 1412-2367 citation: Herniti, Ening, Ening (2005) AJEKTIVA PENANDA GENDER DALAM IKLAN TELEVISI. Sosio-Religia : Jurnal Ilmu Agama dan Ilmu Sosial, Vol. 4 (No. 4). pp. 1-21. ISSN 1412-2367 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39874/1/Ajektiva%20Penanda%20Gender%20dalam%20Iklan%20Televisi.pdf