@phdthesis{digilib39888, month = {July}, title = {PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI KITAB SUCI DI SMP N 1 MAGELANG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.16410044 SIFA RIZQIA}, year = {2020}, note = {Dr. Muqowim, M.Ag}, keywords = {Karakter Religius, gerakan literasi kitab suci, peserta didik, guru}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39888/}, abstract = {Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dengan adanya program gerakan literasi kitab suci di SMP Negeri 1 Magelang. Hal tersebut sebagai langkah nyata yang dilakukan sekolah dalam rangka mengatasi pergeseran karakter peserta didik. Peserta didik yang saat ini terbawa arus globalisasi dan perkembangan zaman sehingga terlena akan tujuan hidup yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan pelaksanaan program gerakan literasi kitab suci, bagaimana proses pelaksanaannya dan pengaruh yang didapatkan dari program tersebut terhadap karakter religius peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yaitu peneliti melihat langsung proses kegiatan literasi kitab suci yang dilaksanakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan peserta didik yang dipilih dengan purposive sampling. Dalam mengolah data peneliti menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) gerakan literasi kitab suci merupakan program wajib yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Kota Magelang sebagai bentuk dari program peduli siswa yang bertujuan untuk membentuk karakter religius peserta didik dan SMP N 1 Magelang menjadi inspirasi lahirnya program tersebut 2) pembentukan karakter religius peserta didik dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: moral knowing, moral feeling dan moral doing yaitu berawal dari sebuah pengetahuan yang selanjutnya menumbuhkan rasa dan berakhir pada penginternalisasi nilai-nilai yang didapatkan, dalam prosesnya dilakukan dengan menggunakan metode tersentral dan tutor sebaya, dalam gerakan literasi kitab suci terdapat beberapa nilai religius yang diterapkan diantaranya adalah nilai cinta damai, persahabatan, percaya diri dan ketulusan. 3) pelaksanaan program gerakan literasi kitab suci yang dilaksanakan setiap hari memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter religius yang tercermin dalam perilaku peserta didik yaitu menjadikan ketenangan dalam berfikir, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, melaksanakan ajaran agama, menghargai perbedaan agama dan akhlak peserta didik.} }