@article{digilib40031, volume = {1}, number = {1}, title = {Kemitraan Guru dan OrangTua dalam Menangani Anak yang Masih Ditunggu pada Jam Belajar}, author = {- SHOFIYAH, Halimatu and - NADHIFAH and - PURNAMA, Sigit}, year = {2020}, pages = {18--27}, journal = {Journal for Early Childhood Education Research}, keywords = {kerja sama orang tua dan guru, hambatan belajar, anakusia dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40031/}, abstract = {Kerja sama antara orang tua dan guru sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak danmembantu mengatasihambatan belajar anak di sekolah. Penelitian kualitatif-deskriptif ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi anak selalu ditunggu pada jam belajardan menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama orang tua dan guru dalammengatasi masalah tersebutdi Kelompok A TK Pertiwi 39 Bulu Jetis Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor utamayang mempengaruhi anak masih ditunggu orangtua pada jam belajar, antara lain:trauma, kurangnya percaya diri, dan takut dengan lingkungan baru. (2) Bentuk kerjasama antaraguru dan orangtua,antara lain:saling terbuka mengenai perilaku anak, selalu memberikan motivasi, mengambil hati anak, membuat hati anak senang, dan melalui3 tahap penungguan.} }