TY - JOUR ID - digilib40047 UR - DOI: 10.20885/ijiss.vol2.iss1.art5 IS - 1 A1 - PRIHANTORO, Hijrian Angga, - Y1 - 2018/// N2 - Kebutuhan akan pendidikan di jaman yang kita jalani ini menempati posisi sebagai keniscayaan, sehingga pendidikan merupakan salah satu tujuan maqashid syariah yang tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan sosial kita. Islam sebagai agama rahmat dikenal mencakup semua masalah kemanusiaan termasuk pendidikan, sedangkan untuk itu diperlukan perencanaan sistem pendidikan untuk mengatur kehidupan manusia guna mencapai kepentingan kemanusiaan secara umum. Namun selama ini banyak pemikir pendidikan yang belum banyak berbicara tentang konsep konstanta dan variabel dalam filosofi pendidikan Islam. Makalah ini akan membahas konsep tersebut dengan menunjukkan peta intelektualnya melalui tiga bidang: bidang fundamentalis, bidang relasional, dan bidang metodologi. Berdasarkan hal tersebut, maka akan dikemukakan bahwa kajian di bidang-bidang tersebut menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui perjalanan falsafah pendidikan Islam dari prinsip-prinsip agama ke mazhab pemikiran manusia. PB - Universitas Islam Indonesia JF - Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS) VL - 2 KW - The Philosophy of Islamic Education KW - Religious Principles KW - Schools of Thought; Pendidikan Islam TI - THE CONCEPT OF CONSTANTS AND VARIABLES IN THE PHILOSOPHY OFISLAMIC EDUCATION FROM RELIGIOUS PRINCIPLES TO INTELLECTUALSCHOOLS SP - 91 AV - public EP - 124 ER -