eprintid: 40047 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/04/00/47 datestamp: 2020-08-10 23:49:12 lastmod: 2020-08-10 23:49:12 status_changed: 2020-08-10 23:49:12 type: article metadata_visibility: show creators_name: PRIHANTORO, Hijrian Angga, - title: THE CONCEPT OF CONSTANTS AND VARIABLES IN THE PHILOSOPHY OFISLAMIC EDUCATION FROM RELIGIOUS PRINCIPLES TO INTELLECTUALSCHOOLS ispublished: pub subjects: fil_pend subjects: isl_pend subjects: pdk divisions: artkl full_text_status: public keywords: The Philosophy of Islamic Education, Religious Principles, Schools of Thought; Pendidikan Islam abstract: Kebutuhan akan pendidikan di jaman yang kita jalani ini menempati posisi sebagai keniscayaan, sehingga pendidikan merupakan salah satu tujuan maqashid syariah yang tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan sosial kita. Islam sebagai agama rahmat dikenal mencakup semua masalah kemanusiaan termasuk pendidikan, sedangkan untuk itu diperlukan perencanaan sistem pendidikan untuk mengatur kehidupan manusia guna mencapai kepentingan kemanusiaan secara umum. Namun selama ini banyak pemikir pendidikan yang belum banyak berbicara tentang konsep konstanta dan variabel dalam filosofi pendidikan Islam. Makalah ini akan membahas konsep tersebut dengan menunjukkan peta intelektualnya melalui tiga bidang: bidang fundamentalis, bidang relasional, dan bidang metodologi. Berdasarkan hal tersebut, maka akan dikemukakan bahwa kajian di bidang-bidang tersebut menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui perjalanan falsafah pendidikan Islam dari prinsip-prinsip agama ke mazhab pemikiran manusia. date: 2018 date_type: published publication: Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS) volume: 2 number: 1 publisher: Universitas Islam Indonesia pagerange: 91-124 refereed: TRUE official_url: DOI: 10.20885/ijiss.vol2.iss1.art5 citation: PRIHANTORO, Hijrian Angga, - (2018) THE CONCEPT OF CONSTANTS AND VARIABLES IN THE PHILOSOPHY OFISLAMIC EDUCATION FROM RELIGIOUS PRINCIPLES TO INTELLECTUALSCHOOLS. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS), 2 (1). pp. 91-124. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40047/1/THE%20CONCEPT%20OF%20CONSTANTS%20AND%20VARIABLES%20IN%20THE%20PHILOSOPHY%20OF%20ISLAMIC%20EDUCATION%20FROM%20RELIGIOUS%20PRINCIPLES%20T.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40047/2/surat-surat-pernyataan1597102325.pdf