relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40079/ title: Penggunaan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Proses Pembelajaran diProgram Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta creator: IZUDIN, Ahmad subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan subject: Pendidikan Perguruan Tinggi description: Artikel ini menganalisis penggunaan konsep integrasi dan interkoneksi dalamproses pembelajaran studi Islam di program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.Artikel ini mengekplorasi pengalaman dosen dan mahasiswa di program studistudi Islam interdisipliner di pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Berdasarkan hasilwawancara dan pengamatan, penulis memberikan perhatian terhadap dua halutama. Pertama, para dosen di UIN Sunan Kalijaga telah menerapkan konsepintegrasi dan interkoneksi dan memasukan nilai-nilai Islam dan pendekatanmultidisiplin di dalam silabus dan rencana pembelajaran. Kedua, para mahasiswa memberikan berbagai respons terhadap pengalaman mereka di kelas. Menurutmahasiswa, para dosen lulusan dari Barat, baik Eropa maupun Amerika, telahmendorong mahasiswa untuk berfikir secara kritis dan menggunakan berbagaipendekatan dalam menyelesaikan masalah. Terdapat juga para dosen yangmenggunakan pendekatan normatif dalam memahami perdebatan dan pemikirankritis dalam studi Islam publisher: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta date: 2017-06 type: Article type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40079/1/Penggunaan%20Paradigma%20IntegrasiInterkoneksi%20dalam%20Proses%20Pembelajaran%20di%20Program%20Pascasarjana%20UIN%20Sunan%20Kalijaga%20Yogyakarta.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40079/2/surat-surat-pernyataan1597182499.pdf identifier: IZUDIN, Ahmad (2017) Penggunaan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Proses Pembelajaran diProgram Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 13 (1). pp. 110-140. ISSN 2599-0586 (online), 2599-0551 (print) relation: http:// 10.18196/AIIJIS.2017.0069.110-140