%0 Journal Article %@ 2599-0586 (online), 2599-0551 (print) %A IZUDIN, Ahmad %D 2017 %F digilib:40079 %I Universitas Muhammadiyah Yogyakarta %J Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies %K pemikrian kritis, paradigm integrasi dan interkoneksi, proses pembelajaran. %N 1 %P 110-140 %T Penggunaan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Proses Pembelajaran diProgram Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40079/ %V 13 %X Artikel ini menganalisis penggunaan konsep integrasi dan interkoneksi dalamproses pembelajaran studi Islam di program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.Artikel ini mengekplorasi pengalaman dosen dan mahasiswa di program studistudi Islam interdisipliner di pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Berdasarkan hasilwawancara dan pengamatan, penulis memberikan perhatian terhadap dua halutama. Pertama, para dosen di UIN Sunan Kalijaga telah menerapkan konsepintegrasi dan interkoneksi dan memasukan nilai-nilai Islam dan pendekatanmultidisiplin di dalam silabus dan rencana pembelajaran. Kedua, para mahasiswa memberikan berbagai respons terhadap pengalaman mereka di kelas. Menurutmahasiswa, para dosen lulusan dari Barat, baik Eropa maupun Amerika, telahmendorong mahasiswa untuk berfikir secara kritis dan menggunakan berbagaipendekatan dalam menyelesaikan masalah. Terdapat juga para dosen yangmenggunakan pendekatan normatif dalam memahami perdebatan dan pemikirankritis dalam studi Islam