@mastersthesis{digilib40251, month = {May}, title = {PROGRAM CIRCLE TIME DALAM MENURUNKAN MISBEHAVIOUR SISWA SD MUHAMMADIYAH MANTARAN SLEMAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {1520011046 Asep Mu?mar Fauzi}, year = {2019}, note = {Dr. Eva Latipah, M.Si.}, keywords = {Program Circle Time, Misbehaviour, Perilaku tidak baik siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40251/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program circle time, mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program circle time, mengidentifikasi solusi dalam pelaksanaan program circle time, serta mendeskripsikan hasil dari program circle time di SD Muhammadiyah Mantaran Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan staf Administrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tujuan Program circle time adalah untuk mencegah dan meminimalisir misbehaviour atau perilaku yang tidak baik pada siswa yang ada di SD Muhammadiyah Mantaran Sleman Yogyakarta dengan cara guru sebagai pendidik mampu menghadirkan dunia nyata di dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan, pengalaman, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan program circle time dilakukan oleh wali kelas dan diikuti oleh semua siswa kelas tersebut. Faktor pendukung pelaksanaan program circle time yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, tempat yang nyaman untuk melingkar dan berkumpul, dukungan dari orangtua siswa, karena guru memanfaatkan waktu di sela pembelajaran. Faktor penghambat pelaksanaan program circle time yaitu waktu, siswa, dan pengawasan diluar sekolah yaitu rumah serta lingkungan dan tontonan baik itu televisi, youtobe, dan media sosial. Solusi mengatasi hambatan ini adalah evaluasi wajib seminggu sekali pada hari jum?at, pendekatan personal guru dengan siswa dan mengkomunikasikan dengan orangtua. Hasil dari pelaksanaan program circle time yaitu penurunan perilaku misbehaviour, peningkatan karakter siswa, dan saling menghormati} }