@techreport{digilib40257, type = {Project Report}, title = {PENGEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF}, author = {- Hibana}, address = {Yogyakarta}, publisher = {Program Studi Pendidikan Islama Anak Usia Dinifakultas Tarbiyah Dan Keguruanuniversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta}, year = {2020}, institution = {UIN Sunan Kalijaga}, keywords = {Pengembangan sosial emosional,permainanEdukatif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40257/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak melalui permainan edukatif, juga merumuskan permainan edukatif yang fungsional yang dapat diintegrasikan dalam proses Pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and developmant) atau penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan melalui dua tahap uji coba model.Uji coba dilaksanakan di PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta, dengan melibatkan sejumlah 15 anak usia 5-6 tahun.Uji coba kedua dilakukan dilembaga yang sama di kelas yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aspek sosial dan emosional anak dapat dikembangkan secara efektif melalui strategi permainan edukatif yang di integrasikan dalam proses pembelajaran di PAUD. Melalui permainan edukatif bahkan dapat membantu anak untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan lainnya secara holistik.Permainan edukatif dapat dikembangkan lebih aplikatif dan dapat diintegrasikan dalam aktivitas pembelajaran di PAUD dan dimasukkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harian(RPPH) di lembaga PAUD.Penggunaan model permainan edukatif dalam proses pembelajaran terbukti secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak secera efektif.} }