<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN"^^ . "Retorika merupakan pengetahuan, seni dan kemampuan praktik mengolah fikir dan pesan serta\r\nmenyampaikannya kepada orang lain secara lesan baik dialogis maupun monologis. Sifat/kemampuan\r\nmerupakan anugerah pemberian Allah yang bersumber dari “Sifat Kalam” (Yang Maha Berfirman).\r\nRetorika sudah tumbuh dan berkembang sejak zaman para Nabi alaihi salam diutus untuk\r\nmenyampaikan wahyudari Allah kepada umatnya masing-masing, sejak Nabi Adham as. sampai Nabi\r\nMuhamada saw. Secara akademik ilmiah dan professional dikembangkan oleh bangsa Yunani pada abad\r\nV dan IV sebelum Masehi pada saat kerajaan yunani Kuno sudah ada ahli pidsato terkenal, seperti Salom\r\n(640-560 SM), Pesistratos (600-527SM) dan tokoh laiinya. Perkembangan retorika pada zaman ini\r\nterjadi setelah romawi menguasai Yunani terjadilah kontak antara kaum cendikiawan Romawi dan\r\nYunani yang kemudian mengajar retorika di Romawi. Orang-orang Romawi mempelajari kebudayaan\r\nYunani termasuk mempelajari retorika, saat itulah retorika mulai diberikan di sekolah-sekolah di romawi,\r\nsalah seorang pengajarnya orang Yunani Livius Andronicus (284-204 SM). Ahli-ahli retorika yang\r\nterkenal pada jaman Romawi adalah: Appius Claudius Caecus (300 SM), Cato de Censoris, Sir. Sulpicius\r\nGalba da yang lainnya. Dua orang guru retorika Romawi yang terkenal adalah Cicero dan\r\nQuintilianus. M. Tullius Cicero menghasilkan tiga karya: De oratore (prinsip-prinsip orator. Sejak zaman\r\nYunani sampai Romawi retorika selalu dikaitkan dengan politik, para orator biasanya terlibat dalan\r\nurusan negara politik dan hokum dalam proses pembelaan di pengadilan . Pada zaman pertengahan ini\r\nsering disebut sebagai abad kemunduran retorika. Ketika Agama Kristen berkuasa, retorika dianggap\r\nsebagai kesenian jahiliah. banyak orang kristen yang melarang mempelajari retorika yang dirumuskan\r\noleh orang-orang Yunani dan Romawi para penyembah berhala. Bila orang memeluk Agama Kristen\r\nsecara otomatis akan memiliki kemampuan menyampaikan kebenaran . ST Agustinus yang\r\ntelahmempelajari retorika sebelum memeluk Kristen dianggap pengecualian. Dalam On Cristian\r\nDoctrine (426) ia menjelaskan bahwa para penghuthbah penebar agama harus sanggup mengajar,\r\nmenggembirakan dan menggerakkan yang oleh Cicero sebagai kewajiban orator . untuk mencapai tujuan,\r\nyakni mengungkap kebenaran kita harus mempelajari retorika.\r\nSetelah ditinggalkan oleh budaya eropa yang beragama Nasrani, satu abad kemudian di Timur lahir\r\nperadaban baru, seorang nabi menyampaikan ajaran agamanya wahyu Tuhan berupa Al-Qur ’ an Surat\r\nAnnisa: 63:“Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati mereka.\r\nKarena itu berpalinglah kamu kepada mereka dan berilah mereka nasehat/pelajaran dan katakanlah\r\nkepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka ” . Nabi Muhamad sendiri pernah bersabda\r\nbahwa “sesungguhnya dalam kemampuan berbcara yang baik itu ada sihirnya (daya pikat)” . Ia sendiri\r\nNabi saw merupakan seorang pembicara yang fasih, dengan kata singkat tetapi mengandung makna yang\r\npadat. Para shahabat nabi sendiri bercerita bahwa ucapan beliau sering menyebabkan pendengar\r\nberguncang hatinya dan berlinang air matanya. Pembicacaraan nabi tidak hanya menyentuh hati tetapi\r\nmenggugah hati dan pendengarannya. Ia sangat orang-orang yang dihadapinya dan pesan yang\r\ndisampaikan sesuai dengan keadaan mereka (Khothibunnasa biqodri ‘uqulihim). Salah seorang shahabat\r\nyang memiliki kemampuan retorika Ali bin Abi Thalib, kumpulan pidatonya kitab Nahjul Balaghah.\r\nDalam perkembangan peradaban Islam balaghah menjadi kajian ilmu yang sangat penting, umat Islam\r\nmenggunakan istilah balaghah untuk mengaganti retorika warisan Yunani dan Romawi yang tinggalkan\r\noleh budaya eropa di abad pertengahan, tetapi dikaji oleh para ahli balaghoh di kalangan umat Islam"^^ . "2020" . . . . "FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI"^^ . . . "FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUKA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . "-"^^ . "SUISYANTO"^^ . "- SUISYANTO"^^ . . . . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Text)"^^ . . . . . "Retorika.pdf"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Text)"^^ . . . . . "surat-surat-pernyataan1597457569.pdf"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #40271 \n\nRETORIKA DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN\n\n" . "text/html" . . . "Komunikasi Islam"@en . .