<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau)"^^ . "Perkembangan zaman yang terjadi dewasa ini memberikan dampak positif dan\r\nnegatif bagi manusia. Di samping kehidupan manusia semakin maju dan berkembang\r\ndengan teknologi, ternyata modernisasi dan globalisasi juga berdampak terhadap semakin\r\nmenurunnya nilai-nilai moral dalam masyakat. Hal itu terbukti dengan maraknya\r\nperilaku-perilaku amoral yang terjadi.\r\nSaat ini, pendidikan, terutama pendidikan karakter dan pendidikan Islam\r\nmerupakan kunci dan ujung tombak yang diharapkan mampu untuk membendung\r\ndampak negatif dari arus modernitas. Hal itu sejalan dengan tujuan pendidikan yakninya\r\nmengembangkan potensi manusia, serta menguatkan kekuatan spiritual keagamaan\r\nsehingga nantinya setiap manusia mampu mengendalikan diri sendiri, cerdas, terampil\r\nserta berakhlak mulia.\r\nIndonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, telah\r\nmelahirkan banyak tokoh-tokoh pendidikan yang mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan\r\nIslam serta nilai-nilai akhlak dan karakter ini, salah satunya adalah Syekh Sulaiman arRasuli. Dalam kitabnya yang berjudul “Pedoman Hidup di Alam Minangkabau” Syekh\r\nSulaiman ar-Rasuli berupaya menanamkan nilai-nilai keislaman dan karakter kepada\r\npembacanya. Banyaknya nilai-nilai yang terkandung dalam buku ini menjadi alasan yang\r\nkuat bagi penulis untuk melakukan penelitian lebih dalam, sehingga hasilnya nanti\r\nbermanfaat untuk menjawab tantangan zaman.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan\r\n(Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan\r\nfilosofis pendidikan untuk mengungkap konsep dan nilai pendidikan Islam serta nilainilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab “Pedoman Hidup di Alam\r\nMinangkabau.” Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan diperkaya\r\ndengan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (Content\r\nAnalysis).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab “Pedoman Hidup di Alam\r\nMinangkabau” sarat akan nilai pendidikan karakter dan pendidikan Islam. Nilai-nilai\r\nkarakter tersebut ditanamkan oleh seorang ibu bernama Siti Budiman, kepada anaknya\r\ndengan metode keteladanan dan nasihat. Nilai-nilai tersebut antara lain: religius,\r\ndemokrasi, peduli sesama, rendah hati, menghormati orangtua, kerja keras, bertanggung\r\njawab, dermawan, dan lain-lain. Sedangkan konsep pendidikan Islam yang terkandung\r\ndalam buku ini antara lain yaitu, mengenai tujuan pendidikan (menuntut ilmu), sikap\r\nseorang pendidik, sikap peserta didik, materi dan metode pendidikan. Banyaknya\r\nkandungan nilai dalam Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau, membuktikan\r\nbahwa kita ini patut untuk dijadikan rujukan dalam pendidikan Islam dan pendidikan\r\nkarakter."^^ . "2019-05-21" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "1520410015"^^ . "AULIA RAHMAN"^^ . "1520410015 AULIA RAHMAN"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Text)"^^ . . . . . "1520410015_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Text)"^^ . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER\r\nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN\r\nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI\r\n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #40278 \n\nNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER \nDAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN \nSYEKH SULAIMAN AR-RASULI \n(Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Karakter" . .