eprintid: 4039 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/40/39 lastmod: 2012-05-04 16:45:29 status_changed: 2012-05-04 16:45:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khaerotun Nisak NIM. 03440414, title: PENERAPAN TEORI ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS VIII F SEMESTER 2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAYUNG, DEMAK, JAWA TENGAH ispublished: unpub full_text_status: none keywords: andragogi, sains, Penelitan Tindakan Kelas (PTK). note: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, S. Pd. Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran dengan pendekatan andragogi dapat meningkatkan interaksi, motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII F. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan penerapan teori andragogi dalam proses pembelajaran sains kepada siswa kelas VIII F Semester 2 SMP Negeri 2 Sayung. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah samua siswa kelas VIII F yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran sains melalui tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengedaran angket, observasi dan wawancara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan andragogi dapat meningkatkan interaksi belajar dan motivasi siswa dalam mata pelajaran sains. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan skor rata-rata pada indikator motivasi di setiap siklusnya. Akumulasi rata-rata skor masing-masing item penilaian terhadap respon, partisipasi dan wawasan pada siklus I adalah 6,1, siklus II = 6,6,siklus III = 7,2, dan pada siklus IV = 7,5. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil ulangan yang semakin baik pada setiap siklus.Nilai rata-rata pada siklus I = 65,5, siklus II = 73,1, siklus III = 78,1 dan siklus IV= 80,4. Adapun prosentase nilai minimum 70 pada siklus I=42%, siklus II= 80,5%,siklus III= 100%, dan siklus IV= 100%.Kata kunci: andragogi, sains, Penelitan Tindakan Kelas (PTK).xiv date: 2010-03-17 date_type: published department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 #RELATION_EXTERNAL_ENTITIES# Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Khaerotun Nisak NIM. 03440414, (2010) PENERAPAN TEORI ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS VIII F SEMESTER 2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAYUNG, DEMAK, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.